SALAM RI #1


Counter

Landasan Pemikiran


Organisasi dibentuk atas dasar adanya tujuan yang hendak dicapai. Tujuan yang tentunya akan bermuara pada kebaikan, kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Tujuan yang baik disusun dan direncanakan atas harmonisasi antara Visi, Misi dan Strategi dengan program-program kerja. Harmonisasi menjadi penting karena bisa merefleksikan mengenai struktur yang logis antara landasan pemikiran yang dituangkan dalam visi, misi, strategi dan pada tingkat akhir diwujudkan dengan adanya program kerja yang visible dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya dan civitas akademika Fakultas Hukum UI pada khususnya. Dalam tahap perencanaan, tentunya dilandasi atas standar prinsip-prinsip keorganisasian yang sudah dianggap menjadi suatu “hukum kebiasaan” dalam menjalankan organisasi yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Evaluating. Pada tahap ini, maka akan dijelaskan mengenai rangkaian dalam rangka implementasi prinsip Planning yang merupakan pilar utama untuk melihat dan menganalisis sejauh mana program yang kami berikan sesuai dengan visi, misi dan startegi yang telah kami susun dan kami jadikan acuan untuk bisa membawa BEM FHUI 2011 ke arah yang lebih baik lagi.
Prinsip Planning jika diibaratkan sebagai suatu bangunan gedung, maka prinsip ini lah yang membentuk fondasi paling bawah yang menentukan apakah gedung itu akan kuat dibangun atau malah justru sebaliknya. Prinsip Planning ini akan menganalisis dan menjabarkan secara materiil mengenai hal apa sajakah yang akan dilakukan oleh Calon Ketua BEM dan Wakil Ketua BEM FHUI 2011 yaitu M. Reza Alfiandri dan Ichsan Montang jika saja civitas akademika FHUI berkenan memberikan legitimasinya kepada kami untuk bisa menjalankan apa yang sudah kami tulis dalam makalah ini. Dalam hal melakukan prinsip Planning, kami mengedepankan mengenai harmonisasi dan visibilitas seluruh komponen landasan yaitu visi, misi dan strategi.
                                                    
II.1. Evaluasi manajemen organisasi dan pergerakan periode berjalan
            Perbaikan yang konstruktif tentunya menjadi landasan seorang pemimpin yang ingin membuat suatu perubahan yang lebih baik dan responsif. Tentunya niat baik kami untuk meningkatkan kualitas BEM FHUI sangat bercermin dari adanya kekurangan-kekurangan yang terjadi pada periode BEM yang sedang berjalan. Tentunya, kami memiliki sejumlah evaluasi bagi periode BEM FHUI yang sedang berjalan, yang kami bagi menjadi 2, yaitu dari management internal dan management eksternal.
II.1.1. Evaluasi Management Internal
Sistem internal Organisasi yang saat ini berjalan menurut kami memiliki kekurangan dalam hal ”konsentrasi koordinasi” yang berjalan. Contohnya :
1. Departemen Kewirausahaan yang ada dibawah Bidang III bukan dibawah bidang Keuangan
2. Tidak adanya sistem fokus bidang internal yang khusus mengurus mengenai pengembangan organisasi dan sumber daya manusia
3. Kurangnya evaluasi sumber daya manusia dari bawah ke atas (dari tingkat staff ke BPH Inti)
4. Masih belum independennya sistem biding suatu kepanitiaan sehingga memunculkan Kepala Departement yang ”terpaksa” menjadi Project Officer Kepanitiaan
5. Sistem hasil rapat kerja awal yang kurang konsisten ditandai dengan banyaknya kepanitiaan yang bentrok ketika BEM berjalan.

II.2.2. Evaluasi Management Eksternal
Sistem management eksternal organisasi yang saat ini berjalan memiliki kekurangan-kekurangan yang kami jabarkan di bawah ini :
1. Kurangnya koordinasi dengan BSO-BSO mengenai program kerja yang harusnya diharmonisasi dengan program kerja BEM FHUI secara keseluruhan
2. Kurang optimalnya BEM FHUI dengan BSO yang ada dibawahnya dalam bidang ”eksekusi” program kerja BSO
3. Kurangnya inklusifitas dalam bidang seni dan olahraga.
4. Kurangnya partisipasi dalam hal forum atau ”link” tingkat UI.
5. Masih belum maksimalnya penanganan advokasi mahasiswa terutama dalam hal advokasi pendidikan (SIAK-NG) dan kesejahteraan (BOP-B)
6. Masih belum maksimalnya akses aspirasi oleh mahasiswa FHUI, terutama dalam hal akses kepada pihak dekanat

Dari evaluasi versi kami diatas, maka kami memiliki solusi yang nyata dan konkrit apabila kami terpilih menjadi Ketua BEM dan Wakil Ketua BEM FHUI 2011, yaitu dengan visi, misi, strategi dan program kerja yang merefleksikannya.

II.2. Penjabaran Visi dan Misi, strategi berkaitan dengan Tema besar yang diambil
II.2.1. Visi
Visi kami adalah terbentuk dari 3 Unsur, yaitu :
CàChange(Perubahan)
Bahwa perubahan yang nyata, konkrit dan responsif lah yang akan kami bawa dalam rangka peningkatan kualitas BEM FHUI dan mengoptimalisasi program kerja yang sudah dikerjakan pada BEM FHUI periode berjalan
I
àIntellectuality (Intelektualitas)
Bahwa dalam mengerjakan seluruh program kerja, maka kami menanamkan nilai dasar yaitu intelektualitas yang harus dijunjung tinggi oleh setiap bidang dengan landasan yaitu pancasila dan tri dharma perguruan tinggi
AàAspiration (Aspirasi)
Bahwa landasan kami berpijak untuk melakukan setiap program kerja adalah atas aspirasi mahasiswa FHUI dan masyarakat Indonesia.

II.2.2. Misi
Misi kami adalah Mewujudkan BEM FHUI, UI dan Indonesia yang lebih baik melalui pembaharuan keorganisasian dan penegakkan hukum. Bahwa dalam rangka mewujudkan visi kami, masa diperlukan misi sebagai target utama dari seluruh program kerja yang nanti akan kami jalankan. Pembaharuan Keorganisasian adalah bentuk wujud nyata kami untuk memperbaiki kualitas dari struktur organisasi dalam rangka BEM FHUI yang lebih terkoordinasi, efektif dan efisien. Lalu, sebagai mahasiswa hukum tentunya harus menjadi “agent” yang dapat memberikan pencerdasan hukum berupa sosialisasi hukum kepada masyarakat menuju penegakkan hukum Indonesia yang lebih baik.

II.2.3. Strategi
Strategi yang kami kedepankan adalah pembaharuan dan optimalisasi sistem internal dan eksternal BEM FHUI 2011. sesuai apa yang sudah ada dalam subbab Evaluasi terhadap BEM periode berjalan, maka kami akan merubah dan mengoptimalisasi apapun yang memang harus dirubah dan melanjutkan apa yang sudah baik dalam rangka peningkatan kualitas BEM FHUI yang lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © responsif-inspiratif